HUMAN BEHAVIOR (ALIRAN HUBUNGAN MANUSIAWI)

Aliran ini memandang organisasi pada hakikatnya adalah orang. Aliran klasik dianggap kurang lengkap karena tidak mewujudkan efisiensi produksi yang sempurna dan keharmonisan di tempat kerja. Pelopor aliran ini yaitu:

1.  Hugo Munsterberg (1863-1916)

Munsterberg disebut sebagai Bapak Psikologi Industri. Sumbangannya berupa pemanfaatan psikologi untuk membantu peningkatan produksi. Munsterberg menyarankan 3 cara untuk meningkatkan produktivitas yaitu: mendapatkan karyawan terbaik, menciptakan kondisi kerja terbaik, dan menggunakan pengaruh psikologis dalam memotivasi.

2.  Elton Mayo (1880-1949)

Ia terkenal dengan eksperimen tentang perilaku manusia dalam situasi kerja. Eksperimen ini disimpulkan bahwa perhatian khusus dapat menyebabkan seseorang meningkatkan usahanya, sedang rangsangan uang tidak menyebabkan membaiknya produktivitas. Kelemahan temuan Mayo ditunjukkan oleh orang-orang yang beranggapan kepuasan karyawan bersifat kompleks.

Sumbangan Aliran Hubungan Manusiawi (Human Behavior)

Aliran hubungan manusiawi menyadarkan pentingnya kebutuhan sosial. Aliran ini mempelopori studi baru dalam bidang dinamika kelompok, di mana perhatian ditunjukkan tidak hanya pada individu, tetapi juga pada proses dan dinamika kelompok.

Keterbatasan Aliran Perilaku/Human Behavior/Behaviour School

Disain, metoda dan analisis penelitian Mayo sampai saat ini masih menjadi kontaversi. Konsep manusia sosial yang dikembangkan ternyata tidak menjelaskan sepenuhnya perilaku manusia. Usaha perbaikan-perbaikan kondisi kerja ternyata tidak mampu menaikan prestasi kerja. Aliran hubungan manusia belum mampu melakukan prediksi perilaku manusia dengan akurat karena faktor sosial merupakan hasil emosi manusia yang lebih sulit diukur.

~ oleh Indra Ratna Prastiyanto pada Februari 4, 2010.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: